Tuesday, January 11, 2011

pembaca umpan: feeddemon v4 vs google reader

1. feeddemon.com
Kelebihan feeddemon:

+1) Mudah membackup kumpulan umpan rss atau atom milik kita.
Tips ane, backup folder v1 ke usb stick, jadi settingan kumpulan ente ga ilang. Atau klo mau juga, ekspor filenya sebagai file OPML. Ane lebih suka cara pertama, tinggal copy-paste foldernya. Btw, klo ga salah folder AppData itu sifatnya hidden, jangan lupa ubah settingan windows explorer ente.

+2) Twittan dari twitter mudah dibaca, kadang-kadang saya males pake twitter di websitenya, cuma muncul 20 buah twitt baru, kudu ngscroll ke bawah baru muncul twittan baru. Twittan bisa langsung dibales di aplikasinya.

Versi Pronya bisa ngemuat kayak twitter deck, istilahnya "Stream".
+3) Bisa disinkronin dengan google reader, ane make google reader, cuma mau ngikutin blogger yang pake blogspot, ane jarang pake tag-tag juga, lebih enak ngasih bintang.
+4) Bisa pake internet explorer di aplikasinya langsung, bisa juga pake firefox, chrome, atau opera, klo ente ngset salah satu dari mereka sebagai browser default, tp cuma bisa pake di browser luar, bukan di aplikasinya sendiri, jadi otomatis bookmark di internet explorer ente bisa diliat di menu Favorit di aplikasinya.

+5) Ada versi bahasa Indonesianya, donlot ja file bahasanya di sini:
http://www.mediafire.com/?z7dn983xvlbb1dv
Klo ente mau beli versi Pronya, lewat paypal lebih cepet, jadi belinya di aplikasinya sendiri juga bisa. Liat tutorial paypal di sini:
http://www.paypalindonesia.com/

+6) Versi Pronya bisa ngdonlot podcast, biasanya ini dijadiin lampiran di umpannya, jadi tinggal klik kiri lampirannya:


Kekurangan FeedDemon:
-Belum bisa pake firefox, chrome, atau opera sebagai browser internal, tp ane liat pake internet explorer juga udah mantep klo sekedar liat teks, gambar, ma video.

*******
2. reader.google.com
Ngaksesnya bisa lewat add-ons firefox: Google Shortcuts

Kelebihan Google Reader

+1) Bisa memuat umpan-umpan yang dulu-dulu lebih bagus, jadi tinggal scroll down. Artikel dari beberapa bulan yang lalu juga ada.

+2) Ga perlu backup2, biar dibackup di servernya google.
Kekurangan Google Reader
-1)Kurang ergonomis peletakan list umpannya:
List langganan kita letaknya paling bawah, klo umpan kita banyak, bosen juga ngscrollnya.
-2) Klo akun ente diban ma google, ilang juga koleksi umpan ente.