Thursday, June 09, 2011

permudah mengatur buku komik

Karena saking banyaknya komik yg ane donlot pake Domdomsoft Manga Downloader, buat backup beribu-beribu file jpg ke harddisk eksternal itu perlu waktu lama, solusinya paling enak itu setiap episode komik itu dikompress ke cbz. Di opsi Domdomsoft itu ada pengaturan buat diubah ke file CBZ.
CBZ sendiri itu file yg dikompres dgn format zip, lalu hanya diubah nama ekstensinya dari .zip ke .cbz. Selain CBZ ada juga CBR (.rar), CB7 (.7z), CBT (.tar), CBW (Web Comic - ane ga tau tepatnya).

Klo buat membaca file CBZ sendiri, ane saranin gunain software:

1. ComicRack
2. SumatraPDF

Nah sekarang bagaimana dgn file-file gambar yg terlanjur belum diubah ke file cbz sama Domdomsoft.

Ane saranin, pake WinRAR buat ngubah ke zipnya, WinRAR punya keunggulan buat batch zip GUI.

1. Download & install
WinRAR.
2. Blok (Ctrl+A) folder komik yang mau diubah ke format ZIP.
3. Klik kanan, 'add to archive...'

4. Pilih 'archive format: ZIP', 'compression methode: Store', biar kualitas gambar ga berkurang.

5. Klik tab 'Files', pilih pilihan 'put each file to separate archive'
6. Kembali ke tab 'General'

7. 'Klik Profiles...' , 'Save current setting to a new profile...'

8. Pilih opsi: 'Immediate execution + Add to context menu'

9. Ubah nama profile yg ente mau, ane saranin namanya: Batch ZIP (biar mudah diingat)

10. Download software
Bulk Rename Utility, buat pengubah nama massal. Klo ane pake TotalCommander buat pengubah nama massal.

Perpus komik kan sekarang jadi lebih rapi dan lebih mudah dipindahin ke flash disk/harddisk eksternal.